Sunday 22 September 2013

UPDATE!! Menghilangkan Noise CARA REKAMAN DENGAN LAPTOP (NEWBIE)

CARA SEDERHANA REKAMAN DENGAN LAPTOP (NEWBIE)

asalamualaikum :D
ini postingan pertama  gue, dan ini juga blog baru gue hehehe
langsung aja deh tanpa panjang lebar
cekidot

Siapkan dulu senjata buat kita rekaman, seperti di bawah ini:

1. Laptop (kalo ga punya, pinjem dulu ke temen)
2. Gitar (gak punya juga? pinjem dulu, atau ga pinjem tanpa ijin *ups)
3. Efek Gitar (recommended, ga pake juga engga apa apa)
4. MIC (kalo gak punya ambil aja mic di masjid sebelah hihi)
5. Kabel jack, 2 kabel untuk input dan output. Sambungan dari jack gitar agar bisa di inputkan ke laptop, (murah Cuma Rp.3000.00,- (tiga ribu rupiah) Serta kabel bekas tapi panjang untuk hilangkan noise
Sudah disiapkan senjata yang akan kita gunakan? Mari kita memulai
laptop anda harus sudah terinstal aplikasi untuk merekam, bukan bawaan windows.
disini saya akan menggunakan software biasa saja sebagai alat tempurnya.
ini dia softwarenya, AUDACITY
(Link downloadnya ada di bawah)
Tidak  usah lihat grafis nya, memang kurang menarik, tapi kan yang akan kita buat itu adalah lagu, jadi apa pentingnya sebuah grafis? Orang lain malah tidak ngurusin hal yang kaya gitu, jadi gausah lebay deh haha
Tak kenal maka tak sayang, bener ga sih? Nah makanya kita kenal dulu yuk software ini
Klik untuk memperbesar
Sudah paham? Kalo belom, langsung aja praktekin. Soalnya teori itu membingungkan, saya juga aslinya ga ngerti kalo suruh jelasin. Hehe
Merekam adalah hal mudah, tinggal klik tombol merah. Mulai rekam klik gambar kotak umtuk stop. bereskan?
ya tidak begitu juga prosesnya, hal yang harus di perhatikan dalam rekaman (SIMAK BAIK BAIK) adalah:
1. Punya niat, dan telaten/kuping yang jeli.
2. Tidak mudah menyerah
3. Mau bertanya biar ga nyasar di tengah jalan. (syukur-syukur sih nemuin jalan sendiri, jadi ga ngerepotin orang)
4. Harus punya kreatifitas
5. Yang paling penting adalah, PUNYA LAGU YANG AKAN DIREKAM!
yaiyalah, Kalo rekaman pake lagu band/penyanyi yang udah terkenal apa manfaatnya?
bisa jadi malah ngejelekin rekaman originalnya haha
Tahukah anda tentang kelistrikan saat rekaman? Minimal anda harus mengenal istilah istilah yang mungkin membuat anda pusing. Saya juga tidak hafal wakakakakakakakakaka
Baiklah, sekarang cobalah anda merekam, menggunakan mic, sudah?
bagaimana hasilnya? Apa ada suara zzzzzzzzzzz, atau sssssssssssssssssssssss?
jika benar, saya akan coba jelaskan sedikit, noise atau dalam bahasa kelistrikan disebut dengan aliran listrik negative akan merusak karya rekaman kita, dari blog saya yang lalu, banyak yang bertanya, ‘’Bagaimana menghilangkan noise?’’
Oke saya akan jelaskan melalui gambar butut sebagai  berikut, jadi baca aja yah.

Kalo kurang paham dengan point ke 3, garis kuning diatas, ini dia kabel jack yang biasa saya pakai untuk recording lihat gambar di bawah ini
Semoga dapat dipahami ya rekan rekan sekalian
Masalah noise sudah selesai, nah masalah akan datang lagi loh, masalah yang ditemui para newbie (orang yang baru belajar rekaman). Masalah selanjutnya adalah setelah rekaman suaranya kok SEMBER/PECAH/ANCUR?.
Saya akan bahas juga disini. (huh cape nih ngetiknya haha
Lihat gambar ini saja ya, cekidot
Semoga mudah dipahami (kata= lihat track di bawah ini, tidak ada yang menyerempet (salah ketik) dengan dinding track)
Sekarang sudah bisa kan rekaman tapi ga pecah dan jernih di dengar? Apa masalah selesai? Engga lah, masalah bukan Cuma disitu.
masalah selanjutnya, audacity ga punya tempo, ga ada drum juga!!!!!!! Mampus aja lu rekaman ga beraturan timingnya hahahhahaha
maaf maaf kebawa emosi, santai saja rekan, saya akan kasih tau caranya biar audacity punya temponya
Cari deh digoogle, nama softwarenya ‘’BEATCRAFT’’ (tanpa tanda petik) download nya gratis kok
Ini penjelasan tentang software nya
Semoga dipahami,
nah setelah anda coba softwarenya, suara drumnya aneh ya?
okey caranya gampang ko hehe, coba deh perhatiin gambar diatas, di track nomor satu. Alat perkusi yang digunakan adalah 406 Kick
klik tulisan 406 Kick nya, maka akan muncul windows baru,
Kaya gini nih gambarnya
Klik computer->program files->acoustica beatcraft->library->included sound->(nanti ada 3 folder, klik aja trus cari deh suara yang kalian suka)
Saya bukan drummer jadi belum paham betul mengenai drum, tapi semua lagu saya, drumnya hasil buatan saya sendiri, dan tidak ada campur tangan siapapun didalamnya
Untuk menggabungkan pattern buatan kita silahkan ikuti petunjuk gambar di bawah ini

Setelah selesai, jadiin deh ke mp3 trus di masukin ke audacity
Cara menjadiikan sequencer menjadi mp3 adalah, cari deh tulisan render di atas kotak merah yang besar pada gambar diatas, disana ada tulisan render, tapi bening, karna belum di insert pattern, jika  sudah di insert pattern pasti bisa di render kok.
Yups sekarang kalian sudah punya suara tempo sekaligus drum. Tanpa harus beli drum yang harganya jutaan rupiah hehe
Baiklah bagi yang ingin mengetahui studio rekaman saya pribadi (ciye ileeh)
ini dia penampakannya
Ga kaya studio rekaman sih, tapi dikamar ini lah saya mengukir sejarah, dan membuat lagu lagu
Bagi yang ingin mendengarkan hasil rekaman pribadi saya,
YANG INGIN BERTEMAN DENGAN SAYA DI FACEBOOK KLIK DISINI (tapi tolong kirim pesan  dulu, jika tidak, saya tidak akan mengkonfirmasi pertemanan.)
Dan ini lah spesifikasi secara rinci alat-alat yang saya pakai rekaman di kamar
1. Guitar fender (electric by Singapore) itu juga dapet pinjem
2. Keyboard YAMAHA (tapi jadul, peninggalan almarhum ayah saya.)
3. Mic Genius LOW NOISE! Harga nya Cuma 50ribu di toko computer
4. Efek guitar overdrive BOSS OD-20
5. Notebook acer (bukan laptop yah, tapi notebook)
6. Kabel jack noise less (harga 50rb di toko bku gramedia botani square bogor)
7. Headset Philips
8. Speaker POLYTRON dengan sedikit modifikasi komponen preamp nya.
Komentar rekan rekan sangat membuat saya semangat dalam berbagi hal yang sedikitnya saya mampu. Berharap para rekan semua yang membaca memberikan komentar atau saran, agar blog sepi ini tidak begitu membosankan bagi saya, jika memang blog ini sepi dan seperti tak ada kehidupan, 3 minggu setelah postingan ini saya publish, saya akan hapus akun nya, karna sepertinya tidak ada gunanya saya menulis seperti ini dan sedetail ini, tapi rekan rekan tidak menghargai tulisan saya ini. Huhu sedih deh jadinya (laah ko curhat sih gua? Haha) tapi ya begitulah yang saya rasakan jika hal tersebut terjadi.
Siapapun dapat berkomentar disini, bagi yang tidak memiliki akun, kalian bisa klik pada ‘’select profil’’ anonymous

UPDATE!!!
Addictive Drums
aplikasi (VSTI) drum yang hampir manusiawi yang memainkannya
VSTI ini sebenernya bukan aplikasi, melainkan PLUGIN
DOWNLOAD DISINI via 4Shared.com (1,9Gb)

VSTI ini tidak berdiri sendiri, alias harus menggunakan aplikasi virtual sebagai wadahnya
misalnya Fruity Loops, Cubase, Sonar dsb
untuk cara penggunaannya silahkan KE BLOG SEBELAH

Sumber: SABLON CUP BOGOR 

1 comment:

  1. gan, lagu yang di revebnation tu hasil rekaman sendiri? pake audacity?

    ReplyDelete